Mengenal Apa Itu BOSNET Data Collection

October 26, 2020 by
BOSNET Distribution Indonesia

BOSNET yang dikenal luas sebagai sistem manajemen distribusi yang dirancang khusus untuk menangani operasional perusahaan FMCG. BOSNET melihat bahwa beberapa perusahaan FMCG berjuang untuk mengumpulkan data dari distributor di semua wilayah. Mereka mengalami kesulitan dikarenakan distributor eksternal telah memiliki aplikasi DMS yang berbeda-beda dan tidak dapat tersentralisasi.

Dengan berbagai kesulitan yang dihadapi, Principal biasanya mengkompilasi data-data dari distributor dengan menggunakan MS Excel dan dengan format yang seragam, sehingga proses kolektif data dan kompilasi dapat dilakukan dengan cepat. Namun dengan upaya inipun biasanya Principal masih mengalami kesulitan atas perbedaan standarisasi produk, pelanggan, maupun klasifikasi yang dibutuhkan untuk sentralisasi dari masing masing distributor, dikarenakan masing masing distributor juga memiliki standarisasi atas data yang mereka kelola. Selain itu dikarenakan masih dikelola manual oleh orang lain, resiko untuk manipulasi data pun masih tinggi.

Oleh karena itu BOSNET hadir untuk memberikan solusi agar kolektif data dari setiap distributor yang memilki beragam format dan perbedaan dapat dilakukan lebih efisien dan efektif. Tidak perlu melakukan data konsolidasi dan penyesuaian standarisasi data secara manual, dikarenakan hal tersebut sudah dilakukan oleh sistem secara otomatis. Data kolektif pun dapat dilakukan secara online ataupun semi-online, hal ini sangat bergantung terhadap kemampuan aplikasi DMS masing masing distributor dalam melakukan integrasi.

Proses Data Collection

Data Collection BOSNET diproses untuk mengumpulkan dan mengelola data dari berbagai distributor bahkan sumber pemasok kecil untuk mendapatkan informasi pasar terkait penjualan dan distribusi ketika prinsipal menghadapi daya tawar yang lebih rendah untuk mendorong distributor mereka menggunakan Sistem Manajemen Distribusi mereka sendiri secara eksklusif. Data dari berbagai sumber distributor juga dapat dipetakan dan dimuat ke struktur model yang sama untuk berbagai jenis persyaratan bisnis. Ini adalah perpaduan teknologi dan komponen yang membantu para pelaku menggunakan strategi data dari data penjualan, output, produksi, bahkan mengetahui permintaan tinggi pada area tertentu

Data Collection BOSNET bukan hanya modul pelaporan BOSNET tertentu tetapi juga platform pelaporan untuk operasi distribusi, dikarenakan didalam BOSNET sudah mendukung fitur fitur untuk memaksimalkan aktifitas operasional.

Data Collection BOSNET memaksimalkan data visibilitas untuk membantu perusahaan untuk membuat keputusan guna kemajuan bisnis.